Perempuan

Hai sahabat semua, melengkapi tulisan saya yang ini ~> [klik disini kalau ndak mau nyesel..!! ] saya akan menyampaikan sedikit hal yang saya baru tau 😀 biar kita sama-sama tau. haha!!

Bicara masalah perempuan, sesungguhnya nama ‘perempuan’ itu bukan suatu keterangan jenis pada manusia saja, atau hewan yang sudah jelas kita ketahui kelaminnya. Namun pada ciptaan Allah yang tak berkelaminpun juga bisa dikategorikan pada jenis ini, perempuan. Contohnya, matahari, langit, bintang dan bulan.

Benar sekali, kita ketahui ini ketika kita belajar bahasa arab dalam kaidah kebahasaannya, atau yang disebut Nahwu. Dalam bahasa inggris mungkin disebut grammar. Berikut bunyi kaidahnya:

“Benda yang  jumlahnya adalah tunggal/satu-satunya di dunia ataupun benda tersebut tidak dapat terlihat oleh mata kita, maka ia digolongkan sebagai muannas (jenis perempuan). “

Kutipan diatas saya dapatkan dari sini ~> http://berbahasa-arab.blogspot.com/2012/06/2-mudzakkar-laki-laki-dan-muannats.html. Sudah jelas bukan kalau bulan itu perempuan, fungsinya kenapa kok dikategorikan seperti itu. Agar kita mudah dalam penggunaan isim dhomir. Yasudah, demikian saja.

Salam dari sahabatmu sebagai pelajar abadi, Djie.

Iklan