Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang sangat digemari oleh sebagian orang dan sangat dibenci oleh kebanyakan orang, ini pendapaku. Pendapatmu bagaimana?

Oke, apapun alasannya inilah kenyataannya.

Waktu saya belajar di Madrasah Aliyah (setara senga SMA), perbandingan anak yang masuk program IPA dengan IPS itu 25:75 perbandingannya. Betapa tidak, waktu itu anak yang masuk IPA hanya berjumlah kapasitas satu kelas sedangkan yang masuk IPS harus disediakan tiga kelas. Dan alasan anak yang masuk IPS rata-tasa sama, sama-sama simple. Karena tidak ingin ketemu dengan matematika.

Namun apa yang terjadi?

Ternyata mereka tidak menyadari bahwa matematika itu bukanlah ilmu yang termasuk kategori dari salah satu dua jurusan yang ada di sekolah saya waktu itu. Namun sesungguhnya matematika itu adalah ilmu terapan yang pada dasarnya dalam semua bidang pengetahuan matematika itu diterapkan.

Lalu bagaimana dengan yang menuliskan artikel ini?

Saya, dulu suka pada matematika hampir jatuh cinta malah. Oleh karena itu saya masuk program IPA. Dan ada satu kenangan yang menyenangkan, ketika waktu itu ada soal yang tidak mampu dikerjakan oleh hampir semua anak (yang mencoba mengerjakan) di kelas saya, kecuali yang nulis artikel ini.

Rasa-rasanya seneng waktu itu sebagian kecil teman-teman pada nanya, sebagian besarnya udah lebih pinter sih 😀 ternyata berbagi itu indah walau hanya sebatas senyum di wajahnya 🙂

Dan sekarang, saya bukanlah seperti yang dulu. Sekarang saya sudah menjadi sosok lain, begitulah saya merasa. Hehe 😀

Iklan