Dalam sebuah keluarga, betapa pentingnya ilmu management keuangan. Meski kita bukanlah seorang yang ahli dalam bidang akuntansi, sewajarnyalah kita kemahami sistem keuangan itu bekerja. Setidaknya kita mengetahui arus uang yang kita pergunakan. Bersyukur bila kita mampu memprediksi keuangan kita sesuai kebutuhan yang akan kita hadapi.

Contoh sederhana ketika menjelang musim hujan, sangat disayangkan saat musim hujan kita belum memiliki jas hujan, atau belum bisa membelinya sebab keuangan yang kita miliki tidak memungkinkan sebab terhimpit oleh kebutuhan lainnya.

Hal ini perlu dijadikan contoh dalam kasus-kasus selanjutnya. Mengingat sebuah keluarga merupakan kehidupan yang tidak sesederhana yang dilalui oleh seorang yang masih lajang.

Keluarga adalah kehidupan yang lebih majemuk, komplek dan lebih berwarna. Banyak kejutan menyertai hari-hari. Semua itu adalah bentuk dari proses yang sangat mengesankan dan penuh dengan pembelajaran. Diantaranya, kemesraan yang tercipta seiring dengan peristiwa yang menyertai hari-hari.

Sekali lagi, saya sampaikan disini betapa pentingnya sebuah management keuangan dalam keluarga. Banyak saya dengar, tidak sedikit di luar sana orang yang gagal membina sebuah keluarga hanya masalah finansial. Dan kalau saya pikirkan, sebenarnya bukan masalah rizqi yang tidak lancar. Sebab Allah sudah menjamin bagi seorang mukmin yang menikah akan dilancarkan rizqinya.

Dari sini bisa diambil pelajaran bahwa setiap sesuatu yang terjadi pada kita adalah mulanya berasal dari kita. Sebagaimana seseorang yang gagal membina sebuah keluarga, bukan masalah rizqi yang tidak lancar. Tapi kitalah yang masih perlu lebih banyak belajar memberdayakan rizqi yabg telah Allah berikan.

Semoga setiap dari kita diberikan anugerah yang luar biasa melalui keberkahan dan keutuhan keluarga yang kita miliki. Keluarga adalah aset berharga, di dalamnya kita akan menemukan cerminan masa depan yang gemilang.

Keluarga kecilku, yang beberapa bulan telah dirajut bersama. Penuh cinta, perjuangan dan kejutan yang mengesankan. Salam. 🙂

Iklan